Thursday 30 March 2017

Keceriaan Phi Phi Island & Keindahan Plankton Snorkeling Tour (260317)

Waiting for Sunset
Hari ini wajib bangun jam 7 pagi untuk nyeberang ke Phi Phi, supaya ga terlalu banyak barang bawaan, gw tinggalin bagasi besar di hotel dan bawa hand carry aja. Ga ada angkot yang menuju lokasi penyeberangan, jadi harus beli di travel agent. Harga yang ditawarkan sekaligus pembelian tiket ferry dan tentunya lebih murah 150 THB.

Berikut jadwal penyeberangan yang bisa dipilih :
Krabi – Phi Phi
09.00, 10.00, 01.30 & 03.00
Phi Phi – Krabi
09.00, 10.30, 02.00 & 03.30

Selain melayani penyeberangan ke Phi Phi, pelabuhan kecil ini juga melayani penyeberangan ke Lanta. Setelah 1,5 jam di laut, gw pun tiba di Phi Phi. Cuacanya cerah banget dan tentunya ramai sekali, kebanyakan turis Eropa yang ke Asia “mencari” matahari. Terakhir gw ke Phi Phi sekitar 5 tahun lalu dan perkembangannya pesat banget, deretan café & toko ga cuma di sisi pantai saja tapi juga dibuat beberapa blok lengkap dengan pembangunan hotel dan hostel.

Menikmati Kano di Pileh Bay
Sambil menunggu dimulainya tour, gw ke Slinky Hostel dulu untuk istirahat sebentar dan menyimpan barang bawaan. Gw dan teman – teman sengaja pilih hostel karena selain harganya lebih murah, review yang kita baca pun sangat menarik : lokasi pas di depan pantai dan dibawahnya ada party bar. Walaupun kebayang sih tidur bakalan keganggu sama suara musik yang  berdentum kencang sampai pagi. Kapasitas kamar sebanyak 20 orang, bersih banget dan nampak masih baru. Overall, gw sangat merekomendasikan hostel ini.

Tepat jam 3 sore, island hoping pun dimulai dengan rute :

* Viking Caves yang nama Thai nya Tham Phaya Nak sebagai pemberian dari Raja Rama IX ketika berkunjung pada tahun 1972, goa ini bukanlah peninggalan bangsa Viking yang terkenal sebagai penguasa lautan, di depannya terdapat tumpukan kayu sebagai tempat berteduh yang di dalamnya terdapat beberapa lukisan kapal panjang penjelajah dan beberapa peninggalan para pelayar jaman dulu yang sempat mampir kesana untuk berteduh. Saat ini, hanya diperbolehkan untuk melihatnya dari jauh.

* Pileh Bay yaitu tempat yang diperbolehkan menjelajah dengan kano dan snorkeling menyaksikan keindahan karang plus ikan warna warni dengan ombak yang tenang dan air laut yang jernih selama 1 jam.

* Maya Bay yang jadi favorit kebanyakan orang, pasirnya yang putih lembut seperti susu bubuk plus pemandangan yang indah lengkap dengan panorama sunset keunguan yang kece. Puas menyaksikan sunset, peserta tour disuguhi buah dan makan malam berupa nasi, green curry chicken dan ayam goreng plus minuman bersoda. Too bad nya, ga disediakan sambal.

* Sebagai puncaknya, hari mulai malam dan peserta akhirnya diberikan sajian utama berupa pemandangan plankton yang sudah siap menyapa kita. Siap dengan alat snorkeling, kita pun menceburkan diri ke laut, lampu kapal dimatikan dan luar biasa banget ketika melihat ke bawah lautan, ada begitu banyak titik serupa lampu kelap kelip berseliweran. Indah banget. Khusus yang ini, hanya bisa dikenang karena ga bisa diphoto.
Menikmati sunset dari kapal ferry
Selain makanan utama, tour ini menyediakan cocktail untuk menghangatkan tubuh kita dan it’s free ^-^v . Sekitar jam 20:30 sudah kembali ke Phi Phi Pier dan berjalan kaki menuju hostel yang ternyata bar nya sudah menyapa para penggila pesta dengan musik – musik elekteronik kekinian. Walau sempat diguyur hujan lebat beberapa saat dan night still young, gw “memaksa” teman – teman untuk ga tidur dan menikmati malam di Phi Phi.

Phi Phi memang tidak pernah beristirahat, banyak sekali aktifitas yang ditawarkan. Selain island hoping juga terdapat hoping-hoping lainnya seperti café hoping, snack hoping dan minimart hoping (seriously, di saat kita khawatir memikirkan Inne yang nyampe terakhir di hostel, dia malah asik neduh di minimart hunting makanan kecil dan printilan lainnya).
Hostel yang dibawahnya ada party bar
Cocktail murah meriah
Berjalan kaki di malam hari sangat mengasyikan, termasuk mampir di bar yang menantang pengunjungnya untuk thai boxing, kios yang menjajakan cocktail dengan harga super murah dan menikmati banana choco pancake. Phi Phi Island is always mesmerizing !

Pengeluaran hari ini :
Penyeberangan Krabi – Phi Phi incl shuttle to pier THB 300
Arrival Fee Phi Phi THB 20
Hostel THB 520
Lunch chicken basil rice THB 100
Plankton Snorkeling Tour THB 1,700
Mineral water & Nescafe THB 22
Banana choco pancake THB 60
Beer Slinky Bar THB 120
Bucket cocktail share THB 50
Sate udang THB 40

No comments:

Post a Comment