Tuesday 18 March 2014

BERKELANA KE AVENUE OF THE STARS + DISNEYLAND HONG KONG (110314)

Di hari ketiga ini lah kami baru menyempatkan diri untuk menjelajahi Hong Kong, namun karena kocek dan waktu yang terbatas, kita harus mengurungkan niat untuk pergi ke Ngong Ping (Buddha Village) + Crystal Cabin Cable Car nya serta ke The Peak yang menawarkan pemandangan indah landscape kota Hong Kong hingga 360 derajat dari ketinggian dan tentunya kami juga membatalkan ke objek wisata yang satu area dengan The Peak yaitu Madame Tussaud yang terkenal dengan sederetan patung lilin para selebriti dunia.

Salah satu patung di
Museum of Art
Pilihan kami jatuh kepada Avenue Of The Stars yang juga menjadi salah satu maskot wisata Hong Kong, selain karena gratis (tentunya), tak sah rasanya bila tidak menyaksikan sederetan patung yang merupakan apresiasi pemerintah Hong Kong terhadap industri perfilmannya yang mendunia. Tepat jam 9 pagi kami berangkat menuju Tsim Sha Sui dengan MTR dan berjalan sedikit langsung dapat melihat terlebih dahulu Museum of Art, Space Museum, Culture Centre dan Clock Tower dengan beberapa patung karya perupa Hong Kong dengan bentuk unik lengkap dengan maknanya.

Patung Bruce Lee
Angin yang berhembus kencang tak membuat kami berhenti menyusuri kawasan yang dibangun tepat di tepi Victoria Harbour sepanjang 440 m pada tahun 1982 oleh New World Group yang kemudian dikelola pemerintah Hong Kong tersebut. Dengan panorama pelabuhan modern lengkap dengan sederetan gedung pencakar langit seperti International Commerce Centre & Bank Of China Tower yang seolah menyambut kami, membuat kami bersemangat untuk menyusuri ratusan hand-print para bintang film legendaris Hong Kong diantaranya :  Jackie Chan, Bruce Lee, Chow Yun Fat, Gong Li dan Stephen Chow. Kami pun tak ketinggalan menyempatkan diri untuk berphoto di depan patung Bruce Lee yang ternyata harus antri juga dengan para turis asal Cina dan Indonesia tentunya. Di malam hari tempat ini sangat terkenal dengan Symphony of Light yaitu pertunjukan lampu laser lengkap dengan musik pengiringnya yang dipancarkan melalui sederetan gedung – gedung tepat jam 8 malam.

MTR berinterior Disney
Puas di Avenue Of The Stars, kami langsung menuju ke tempat penjualan tiket Disneyland yang letaknya tak begitu jauh dari MTR Central yaitu di Golden Crown Guest House, disana kami memperoleh tiket lumayan murah yaitu HKD 410 dari harga aslinya HKD 450. Tidak langsung menuju ke Disneyland kedua di Asia tersebut, namun kami menikmati makan siang terlebih dahulu di Yoshinoya, Langham Place yang nyatanya menjadi tempat andalan kami karena menu dan harganya sesuai budget ^_^v .

Perjalanan menuju Disneyland sangat mudah dengan MTR dan kami pun disambut dengan MTR berinterior khas Disney pada saat pindah dari Sunny Bay menuju Disneyland Resort. Well¸menurut gw yang sudah pernah ke Disneyland Tokyo dan Universal Studio Osaka, tempat ini ga ada apa – apanya walaupun dibuka baru pada tahun 2005, bahkan jika dibandingkan dengan Dufan sekalipun. Kecewa berat dan alhasil cuma bisa menggerutu aja.

Welcome to Disneyland
Oia tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman apalagi tikar (situ pikir situ ke Ragunan) untuk masuk ke Disneyland, agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan dan tentunya membeli di dalam dengan harga yang mahal, untuk yang bawa tumbler tenang aja karena banyak tempat pengisian air mineral di dalam dengan gratis.


Berikut beberapa rekomendasi permainan yang terbagi di beberapa area :

TOMORROW LAND
Tomorrow Land
- Space Mountain : roller coaster di dalam ruangan yang seolah membawa kita mengarungi angkasa
- Autopia : semacam bumper car yang cuma bisa bikin ngantuk
- Buzz Lighteryear Astro Blasters : tembak – tembakan musuh dengan sensor yang mirip seperti di Supermarket Tip Top jaman gw kecil

FANTASY LAND
Cocok buat yang masa kecilnya sering dibacain dongeng klasik Disney seperti Cinderella, Dumbo dan Snow White. Karena nyokap gw dulu seringnya ceritain tentang si Unyil (dan itu ga baca tapi nonton) jadinya gw ga ke area ini.

TOY STORY LAND
- Toy Soldier Parachute Drop : lo akan dibawa ke awang - awang terus di lepas kebawah dan di ndut-ndut in
- RC Racer : roller coaster berbentuk magnet, ini lumayan ekstrim jadi gw ga ikutan permainan ini

Ceritanya lagi tersesat
MYSTIC POINT
- Mystic Manor : duduk manis di dalem kendaraan kecil untuk melihat – lihat koleksi museum yang bisa ‘hidup’ seketika
- Garden of Wonders : terhampar beberapa trick art yang bisa membuat lo : oh-gitu-toh

GRIZZLY GULCH
- Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars : ini roller coaster yang menurut gw paling tidak terduga dan maksimal serunya. Iya ini aja yang bisa bikin hari gw ceria saat itu.

ADVENTURE LAND
Ini adalah area paling nyebelin, kita disuruh naik perahu nyeberang ke suatu pulau yang ada rumah Tarzan nya terus disuruh naik – naik tangga untuk menyusuri rumahnya Tarzan. Ga ada seru – serunya sama sekali dan bahkan kita balik lagi begitu sampai di rumah Tarzan ga penting itu.

Lion King
Wajib makan waffle ini
Tak ketinggalan juga untuk menyaksikan parade beberapa tokoh dari cerita Disney seperti : Winnie The Pooh, Toy Story, Lion King dan Mickey Mouse tentunya. Sambil menunggu pertunjukan kembang api tepat jam 8 malam yang sudah menjadi ritual penutupan Disneyland setiap harinya, kami duduk manis di area Main Street USA menikmati waffle berbentuk kepala Mickey Mouse dengan harga ‘cuma’ HKD 50 plus paha kalkun panggang nan besar dengan harga sama (mahalnya ya ampun). Karena ala backpacker gw cuma sanggup beli tempelan kulkas seharga HKD 45 di souvenir shop dan sangat iri hati ketika ngelihat pengunjung lain berbelanja berkantong – kantong. Grrrr….

Malam terakhir dan tentunya keuangan menipis namun bosan makan Yoshinoya-McD-KFC kami pun mengarungi beberapa tempat makan malam di sekitar Ladies Market, bukan mencari yang enak tapi mencari yang murah (penting). Tanpa sengaja kami menemukan ICHIBAN sebuah kios makanan Jepang yang menjual sushi dan bento, tak hanya murah tapi juga lezat dengan porsi yang banyak. Jadilah ini penutup yang manis malam itu.

Bergoyang di atas ranjang
Habis makan, jalan – jalan sebentar, kami pun langsung pulang ke apartemen untuk bersenda gurau dan photo – photo tentunya. Kali ini ga pakai acara bakar api unggun kok, tenang aja ^_^v

Pengeluaran Hari Ketiga :
- Makan siang Yoshinoya : HKD 42
- Tiket Disneyland : HKD 410
- Tempelan kulkas Disney : HKD 45
- Waffle & paha kalkun panggang : HKD 100
- Makan malam Ichiban : HKD 43

No comments:

Post a Comment